Sabtu, 26 Desember 2009

Impuls

Impuls (I) didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya yang bekerja F dengan selang waktu ∆t saat gaya tersebut bekerja pada benda.

Impuls sama dengan perubahan momentum.
Bisa dituliskan;
     F = m(v – u) / ∆t
     F∆t = m (v – u)
     I =  F∆t = m (v – u)                 satuannya adalah Ns.
Aplikasi Impuls
·      Mengapa meninju dinding keras akan terasa lebih sakit dibandingkan dengan meninju sebuah bantal?
Pada saat meninju dinding keras, selang waktu terjadinya kontak antara kepalan tangan dan dinding sangat singkat, sehingga gaya F akan sangat besar. Gaya sangat besar ini menyebabkan kita merasakan sakit. Sedangkan ketika meninju bantal, waktu kontak antara kepalan tangan dan bantal relatif lebih lama, sehingga gaya F menjadi kecil. Gaya yang kecil ini menyebabkan kita tidak merasakan sakit ketika meninju bantal. Penjelasan ini juga menjelaskan kenapa ketika meninju, para petinju diberi sarung tangan.


 
·      Aplikasi lain yang menyangkut impuls misalnya adalah pada desain mobil. Bagian depan sebuah mobil di desain sedemikian rupa sehingga jika tiba – tiba terjadi benturan keras (misalnya ketika terjadi tabrakan), bagian ini akan mudah ringsek secara perlahan (menggumpal). Dengan menggumpalnya bagian depan ini, selang waktu kontak antara dua mobil menjadi lebih lama sehingga gaya yang terasa akan lebih kecil.

0 komentar:

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP